Friday, November 14, 2014

PRINSIP KERJA TRAFO



Transformator (trafo) adalah alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik (AC). Transformator terdiri dari 3 komponen pokok yaitu: kumparan pertama (primer) yang bertindak sebagai input, kumparan kedua (skunder) yang bertindak sebagai output, dan inti besi yang berfungsi untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan.


Bagian-Bagian Transformator

            Contoh Transformator                    Lambang Transformator
Prinsip kerja transformator step down yaitu Trafo bekerja sesuai dengan prinsip induksi elektromagnetik. Sebuah transformator memiliki dua kumparan dimana kumparan ini terpisah secara elektris tetapi bergandengan secara magnetik karena dihubungkan melalui inti besi pada trafo, kedua kumparan tersebut memiliki induktansi yang sangat tinggi. Trafo Step Down adalah trafo yang berfungsi untuk menurunkan tegangan, sehingga sehingga Vp > Vs. Trafo Step Down memiliki Lilitan Primer (Np) yang lebih banyak dibandingkan dengan Lilitan Sekunder (Ns).
Jika sumber tegangan (Vp) dihubungkan dengan Lilitan Primer (Np) maka akan timbul arus (Ip), maka arus primer (Ip) akan mengalir dan menimbulkan Fluks Magnetik (φ). Fluks ini sendiri akan mengalir melalui bagian tegangan sekunder, kemudian Fluks tersebut akan menginduksi Lilitan Sekunder sehingga Lilitan Sekunder akan menghasilkan Gaya Gerak Listrik (GGL). Atau Ketika Kumparan primer dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik, perubahan arus listrik pada kumparan primer menimbulkan medan magnet yang berubah. Medan magnet yang berubah diperkuat oleh adanya inti besi dan dihantarkan inti besi ke kumparan sekunder, sehingga pada ujung-ujung kumparan sekunder akan timbul ggl induksi. Efek ini dinamakan induktansi timbal-balik (mutual inductance). Karena transformator tersebut  adalah transformator Step Down maka akan mengubah tegangan bolak-balik rendah menjadi tinggi, transformator ini mempunyai jumlah lilitan kumparan sekunder lebih banyak daripada jumlah lilitan primer (Ns > Np).

No comments:

Post a Comment