Monday, November 3, 2014

MEDIA PEMBELAJARAN



PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN


A.  Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan periaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk menyelesaikan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.

B.  Kompetensi Dasar
Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam benda tegar.

C.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Siswa dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Siswa dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·      Diberikan alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik berat pada suatu benda.
·      Diberikan lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·      Siswa dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·      Siswa dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
·      Siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam satu kelompok.
·      Siswa dapat merespon baik pendapat orang lain dengan lain.

D.    Materi Pokok                                           : Dinamika Rotasi
E.     Jenis Media yang dikembangkan          : Visual
F.     Bahan dan Alat
a.      Bahan
-          Materi ajar tentang dinamika rotasi
-          Buku Fisika SMA kelas XI
b.      Alat
-          Laptop ( Micosoft Office PowerPoint)
-          LCD
G.    Langkah-Langkah Pengembangan Media
1.      Menyusun materi pembelajaran dari buku ajar dan sumber lain yang relevan.
2.      Memasukkan materi ke dalam media Microsoft Power Point sebagai media presentasi dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami.

H.    Langkah-Langkah Penggunaan
1.      Menyambungkan Laptop dengan LCD.
2.      Memasukkan file presentasi yang telah dibuat ke dalam Laptop.
3.      Membuka file presentasi dengan program Microsoft Office Power Point.
4.      Menampilkan file presentasi di depan para siswa.


No comments:

Post a Comment