Monday, November 3, 2014

RPP DINAMIKA ROTASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : Sekolah Menengah Atas
Kelas/ Semester                      : XI / Genap
Pokok/Materi pokok             : Fisika/Dinamika Rotasi
Alokasi Waktu                       : 2 x 2 Jam Pelajaran (4x45 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan periaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk menyelesaikan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.

B.     Kompetensi Dasar
Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam benda tegar.

C.    Indikator
1.        Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut.
2.        Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
3.        Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
4.        Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
5.        Menerapkan  konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari.

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Siswa dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Siswa dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·      Diberikan alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik berat pada suatu benda.
·      Diberikan lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·      Siswa dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·      Siswa dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
·      Siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam satu kelompok.
·      Siswa dapat merespon baik pendapat orang lain dengan lain.



E.     Materi Ajar
Dinamika Rotasi
Torsi
Momen Gaya
Titik Berat
Hukum II Newton tentang gerak translasi dan rotasi

F.     Model             : Pembelajaran Inkuiri
Metode           : -    Demonstrasi
-          Eksperimen
-          Diskusi
G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
Mengucapkan salam
Menjawab salam
10 Menit
Mengabsen kehadiran siswa
Memperhatikan guru
Menjelaskan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Siswa memperhatikan setiap poin dari tujuan yang akan dicapai
Melakukan tahapan orientasi tau motivasi kepada siswa, misalnya dengan menunjukkan contoh penerapan dinamika rotasi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengalaman siswa atau dapat pula dilakukan dengan menampilkan media pembelajaran berupa slide presentasi.
Memperhatikan dengan seksama slide presentasi yang diberikan guru.
Inti
Guru meminta seorang siswa untuk mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk medefinisikan gaya dan momen gaya melalui kegiatan demonstrasi kelas
Salah seorang siswa melakukan apa yang diinstruksikan oleh guru.
70 Menit
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
Mengikuti instruksi dari guru.
Guru memberikan permasalahan kepada semua kelompok untuk merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya, konsep mmomen inersia dan dinamika rotasi, serta hukum kekekalan momentum sudut dalam diskusi pemecahan masalah kelas.
Siswa secara berkelompok mendiskusikan permasalahan.
Guru memberikan petunjuk sederhana agar pelaksanaan diskusi berjalan dengan lancar.
Masing-masing kelompok melakukan presentasi dari hasil diskusinya.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan siswa.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
Guru bertanya kembali tentang permasalahan yang muncul saat pembelajaran dimulai. Apakah kesimpulan yang diperoleh bisa menjawab pemasalahan yang dimunculkan.
Siswa merespon pertanyaan guru.
Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya, menyampaikan pendapat atau pengalaman-pengalaman siswa.
Siswa menanyakan hal-hal yang belum diketahui.

Penutup
Guru memberikan penilaian dengan alat tes berupa tes uraian singkat.
Mengikuti tes berupa tes uraian singkat.
10 menit
Memberikan umpan balik dengan cara tugas sederhana.
Memperhatikan tugas yang diberikan
Ucapan terima kasih dan salam.
Menjawab salan dan ucapan terima kasih.

2. Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
Mengucapkan salam
Menjawab salam
10 Menit
Mengabsen kehadiran siswa
Memperhatikan guru
Menjelaskan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapa.
Siswa memperhatikan setiap poin dari tujuan yang akan dicapai
Melakukan tahapan orientasi tau motivasi kepada siswa, misalnya dengan menunjukkan contoh penerapan dinamika rotasi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengalaman siswa atau dapat pula dilakukan dengan menampilkan media pembelajaran berupa slide presentasi.
Memperhatikan dengan seksama slide presentasi yang diberikan guru.
Inti
Guru meberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana, misalnya siapa yang pernah naik kincir angin ? Bagaimana benda tersebut bisa berputar ? Sehingga diharapkan siswa memunculkan permasalahan dari konsep gerak rotasi pada kincir angin.
Menjawab permasalahan yang dimunculkan sehingga diperoleh suatu hipotesis sederhana.
70 Menit
Guru menginstruksikan kepada siswa untuk bergabung ke kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
Mengikuti instruksi dari guru.
Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) serta memberikan bahan-bahan yng akan digunakan siswa dalam melakukan percobaan.
Siswa secara berkelompok melakukan pecobaan.
Guru memberikan petunjuk sederhana agar pelaksanaan percobaan berjalan dengan lancar.
Masing-masing kelompok melakukan presentasi dari hasil percobaannya.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan siswa.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan.
Guru bertanya kembali tentang permasalahan yang muncul saat pembelajaran dimulai. Apakah kesimpulan yang diperoleh bisa menjawab pemasalahan yang dimunculkan.
Siswa merespon pertanyaan guru.
Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya, menyampaikan pendapat atau pengalaman-pengalaman siswa.
Siswa menanyakan hal-hal yang belum diketahui.
Penutup
Guru memberikan penilaian dengan alat tes berupa tes uraian singkat.
Mengikuti tes berupa tes uraian singkat.
10 menit
Memberikan umpan balik dengan cara tugas sederhana.
Memperhatikan tugas yang diberikan
Ucapan terima kasih dan salam.
Menjawab salan dan ucapan terima kasih.

H.    Alat dan Sumber Belajar
-       Alat dan Bahan

1.      Karton
2.      Beban
3.      Gunting
4.      Penggaris
5.      Spidol
6.      Benang
7.      Tiang statif

-       Sumber Belajar
1.      Buku Fisika Kelas XI
2.      Buku referensi yang relevan
3.      LKS
-       Media
1.      Papan tulis
2.      Power point
3.      LCD

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN


A.  Kompetensi Inti
5.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
6.      Menghayati dan mengamalkan periaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
7.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk menyelesaikan masalah.
8.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.

B.  Kompetensi Dasar
Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam benda tegar.

C.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Siswa dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Siswa dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·      Diberikan alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik berat pada suatu benda.
·      Diberikan lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·      Siswa dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·      Siswa dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
·      Siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam satu kelompok.
·      Siswa dapat merespon baik pendapat orang lain dengan lain.

D.    Materi Pokok                                           : Dinamika Rotasi
E.     Jenis Media yang dikembangkan          : Visual
F.     Bahan dan Alat
a.      Bahan
-          Materi ajar tentang dinamika rotasi
-          Buku Fisika SMA kelas XI
b.      Alat
-          Laptop ( Micosoft Office PowerPoint)
-          LCD
G.    Langkah-Langkah Pengembangan Media
1.      Menyusun materi pembelajaran dari buku ajar dan sumber lain yang relevan.
2.      Memasukkan materi ke dalam media Microsoft Power Point sebagai media presentasi dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami.

H.    Langkah-Langkah Penggunaan
1.      Menyambungkan Laptop dengan LCD.
2.      Memasukkan file presentasi yang telah dibuat ke dalam Laptop.
3.      Membuka file presentasi dengan program Microsoft Office Power Point.
4.      Menampilkan file presentasi di depan para siswa.


























LEMBAR KEGITAN PESERTA DIDIK


Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                   : XI/ Genap
Hari/Tanggal                       :
Alokasi Waktu                    : 2 x 45 Menit
Nama Kelompok                :
Nama Anggota Kelompok    :
1.      
2.      
3.      
4.      
Judul                                    : Hukum II Newton tentang Gerak Translasi                     dan Rotasi
A.  Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan periaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk menyelesaikan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.

B.  Kompetensi Dasar
Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam benda tegar.
C.  Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Siswa dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan gerak rotasi.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Siswa dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·      Diberikan ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·      Diberikan alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik berat pada suatu benda.
·      Diberikan lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·      Siswa dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·      Siswa dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
·      Siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam satu kelompok.
·      Siswa dapat merespon baik pendapat orang lain dengan lain.

































No comments:

Post a Comment