RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Atas
Kelas/
Semester : XI / Genap
Pokok/Materi
pokok : Fisika/Dinamika Rotasi
Alokasi
Waktu : 2 x 2 Jam
Pelajaran (4x45 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan periaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
menyelesaikan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.
B.
Kompetensi Dasar
Memformulasikan hubungan antara konsep torsi,
momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta
penerapannya dalam benda tegar.
C.
Indikator
1. Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut.
2.
Mengungkap
analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
3.
Menggunakan konsep momen inersia untuk
berbagai bentuk benda tegar
4.
Memformulasikan
hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
5.
Menerapkan konsep titik berat benda dalam kehidupan
sehari-hari.
D. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan
kaitannya dengan gerak rotasi.
·
Siswa
dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan
gerak rotasi.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak
translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Siswa
dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan
rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat
benda dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam
kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·
Diberikan
alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik
berat pada suatu benda.
·
Diberikan
lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah
percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·
Siswa
dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·
Siswa
dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
·
Siswa
dapat bekerja sama dengan baik dalam satu kelompok.
·
Siswa
dapat merespon baik pendapat orang lain dengan lain.
E.
Materi Ajar
Dinamika Rotasi
Torsi
Momen Gaya
Titik Berat
Hukum II Newton tentang
gerak translasi dan rotasi
F.
Model : Pembelajaran Inkuiri
Metode : - Demonstrasi
-
Eksperimen
-
Diskusi
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
Mengucapkan salam
|
Menjawab salam
|
10 Menit
|
Mengabsen kehadiran siswa
|
Memperhatikan guru
|
||
Menjelaskan tujuan-tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
|
Siswa memperhatikan setiap
poin dari tujuan yang akan dicapai
|
||
Melakukan tahapan
orientasi tau motivasi kepada siswa, misalnya dengan menunjukkan contoh
penerapan dinamika rotasi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengalaman
siswa atau dapat pula dilakukan dengan menampilkan media pembelajaran berupa
slide presentasi.
|
Memperhatikan dengan
seksama slide presentasi yang diberikan guru.
|
||
Inti
|
Guru
meminta seorang siswa untuk mendorong benda dengan posisi gaya yang
berbeda-beda untuk medefinisikan gaya dan momen gaya melalui kegiatan
demonstrasi kelas
|
Salah seorang siswa
melakukan apa yang diinstruksikan oleh guru.
|
70 Menit
|
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok.
|
Mengikuti instruksi dari
guru.
|
||
Guru memberikan
permasalahan kepada semua kelompok untuk merumuskan dan menerapkan
keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan
momen gaya, konsep mmomen inersia dan dinamika rotasi, serta hukum kekekalan
momentum sudut dalam diskusi pemecahan masalah kelas.
|
Siswa secara berkelompok
mendiskusikan permasalahan.
|
||
Guru memberikan petunjuk
sederhana agar pelaksanaan diskusi berjalan dengan lancar.
|
Masing-masing kelompok
melakukan presentasi dari hasil diskusinya.
|
||
Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan siswa.
|
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
|
||
Guru bertanya kembali
tentang permasalahan yang muncul saat pembelajaran dimulai. Apakah kesimpulan
yang diperoleh bisa menjawab pemasalahan yang dimunculkan.
|
Siswa merespon pertanyaan
guru.
|
||
Guru memberikan kesempatan
seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya, menyampaikan pendapat atau
pengalaman-pengalaman siswa.
|
Siswa menanyakan hal-hal yang belum
diketahui.
|
|
|
Penutup
|
Guru memberikan penilaian
dengan alat tes berupa tes uraian singkat.
|
Mengikuti tes berupa tes
uraian singkat.
|
10 menit
|
Memberikan umpan balik
dengan cara tugas sederhana.
|
Memperhatikan tugas yang
diberikan
|
||
Ucapan terima kasih dan
salam.
|
Menjawab salan dan ucapan
terima kasih.
|
2. Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
Mengucapkan salam
|
Menjawab salam
|
10 Menit
|
Mengabsen kehadiran siswa
|
Memperhatikan guru
|
||
Menjelaskan tujuan-tujuan
pembelajaran yang akan dicapa.
|
Siswa memperhatikan setiap
poin dari tujuan yang akan dicapai
|
||
Melakukan tahapan
orientasi tau motivasi kepada siswa, misalnya dengan menunjukkan contoh
penerapan dinamika rotasi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengalaman
siswa atau dapat pula dilakukan dengan menampilkan media pembelajaran berupa
slide presentasi.
|
Memperhatikan dengan
seksama slide presentasi yang diberikan guru.
|
||
Inti
|
Guru meberikan
pertanyaan-pertanyaan sederhana, misalnya siapa yang pernah naik kincir angin
? Bagaimana benda tersebut bisa berputar ? Sehingga diharapkan siswa
memunculkan permasalahan dari konsep gerak rotasi pada kincir angin.
|
Menjawab permasalahan yang
dimunculkan sehingga diperoleh suatu hipotesis sederhana.
|
70 Menit
|
Guru menginstruksikan kepada
siswa untuk bergabung ke kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
|
Mengikuti instruksi dari
guru.
|
||
Guru membagikan lembar
kerja siswa (LKS) serta memberikan bahan-bahan yng akan digunakan siswa dalam
melakukan percobaan.
|
Siswa secara berkelompok melakukan
pecobaan.
|
||
Guru memberikan petunjuk
sederhana agar pelaksanaan percobaan berjalan dengan lancar.
|
Masing-masing kelompok
melakukan presentasi dari hasil percobaannya.
|
||
Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan siswa.
|
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan.
|
||
Guru bertanya kembali
tentang permasalahan yang muncul saat pembelajaran dimulai. Apakah kesimpulan
yang diperoleh bisa menjawab pemasalahan yang dimunculkan.
|
Siswa merespon pertanyaan
guru.
|
||
Guru memberikan kesempatan
seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya, menyampaikan pendapat atau
pengalaman-pengalaman siswa.
|
Siswa menanyakan hal-hal
yang belum diketahui.
|
||
Penutup
|
Guru memberikan penilaian
dengan alat tes berupa tes uraian singkat.
|
Mengikuti tes berupa tes
uraian singkat.
|
10 menit
|
Memberikan umpan balik
dengan cara tugas sederhana.
|
Memperhatikan tugas yang
diberikan
|
||
Ucapan terima kasih dan
salam.
|
Menjawab salan dan ucapan
terima kasih.
|
H.
Alat dan Sumber Belajar
-
Alat dan Bahan
1.
Karton
2.
Beban
3.
Gunting
4.
Penggaris
5.
Spidol
6.
Benang
7.
Tiang statif
-
Sumber Belajar
1.
Buku Fisika Kelas XI
2.
Buku referensi yang relevan
3.
LKS
-
Media
1.
Papan tulis
2.
Power point
3.
LCD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Kompetensi
Inti
5.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
6.
Menghayati
dan mengamalkan periaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
7.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk menyelesaikan masalah.
8.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.
B. Kompetensi
Dasar
Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum
sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam
benda tegar.
C. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan
kaitannya dengan gerak rotasi.
·
Siswa
dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan
gerak rotasi.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak
translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Siswa
dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan
rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat
benda dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam
kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·
Diberikan
alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik
berat pada suatu benda.
·
Diberikan
lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah
percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·
Siswa
dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·
Siswa
dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
·
Siswa
dapat bekerja sama dengan baik dalam satu kelompok.
·
Siswa
dapat merespon baik pendapat orang lain dengan lain.
D.
Materi Pokok : Dinamika Rotasi
E.
Jenis Media yang
dikembangkan : Visual
F.
Bahan dan Alat
a.
Bahan
-
Materi ajar tentang dinamika rotasi
-
Buku Fisika SMA kelas XI
b.
Alat
-
Laptop ( Micosoft Office PowerPoint)
-
LCD
G.
Langkah-Langkah
Pengembangan Media
1. Menyusun materi
pembelajaran dari buku ajar dan sumber lain yang relevan.
2. Memasukkan materi ke
dalam media Microsoft Power Point sebagai media presentasi dalam bentuk yang
menarik dan mudah dipahami.
H.
Langkah-Langkah
Penggunaan
1. Menyambungkan Laptop
dengan LCD.
2. Memasukkan file
presentasi yang telah dibuat ke dalam Laptop.
3. Membuka file presentasi
dengan program Microsoft Office Power Point.
4. Menampilkan file
presentasi di depan para siswa.
LEMBAR
KEGITAN PESERTA DIDIK
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/ Genap
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit
Nama Kelompok :
Nama
Anggota Kelompok :
1.
2.
3.
4.
Judul
: Hukum II Newton tentang Gerak
Translasi dan Rotasi
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan periaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk menyelesaikan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.
B. Kompetensi
Dasar
Memformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam benda tegar.
C. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan
kaitannya dengan gerak rotasi.
·
Siswa
dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan
gerak rotasi.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak
translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Siswa
dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan
rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat
benda dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam
kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·
Diberikan
alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik
berat pada suatu benda.
·
Diberikan
lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah
percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·
Siswa
dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·
Siswa
dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
· Siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam
satu kelompok.
· Siswa dapat merespon baik pendapat orang lain
dengan lain.
No comments:
Post a Comment