PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan periaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk menyelesaikan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.
B. Kompetensi
Dasar
Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum
sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam
benda tegar.
C. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menganalisis pengaruh torsi pada sebuah benda dengan
kaitannya dengan gerak rotasi.
·
Siswa
dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dengan kaitannya dengan
gerak rotasi.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak
translasi dan rotasi serta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Siswa
dapat mengungkapkan analogi hukumII Newton tentang gerak translasi dan
rotasiserta formulasi dari hukum kekealan momentum.
·
Diberikan
ilustrasi siswa dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat
benda dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
dapat menggunakan konsep momen inesia dan konsep titik berat benda dalam
kehidupan sehari-hari
Psikomotor
·
Diberikan
alat dan bahan, siswa dapat mengamati dan menjelaskan pengaruh torsi dan titik
berat pada suatu benda.
·
Diberikan
lembar kerja siswa, siswa dapat melakukan percobaan sesuai dengan langkah
percobaan yang tertera dalam lembar kerja.
Afektif
Karakter
·
Siswa
dapat menuliskan data secara jujur dan sesuai hasil pengamatan yang dilakukan.
·
Siswa
dapat menganalisis data tanpa memanipulasi dan subyektivitas.
Sosial
·
Siswa
dapat bekerja sama dengan baik dalam satu kelompok.
·
Siswa
dapat merespon baik pendapat orang lain dengan lain.
D.
Materi Pokok : Dinamika Rotasi
E.
Jenis Media yang
dikembangkan : Visual
F.
Bahan dan Alat
a.
Bahan
-
Materi ajar tentang dinamika rotasi
-
Buku Fisika SMA kelas XI
b.
Alat
-
Laptop ( Micosoft Office PowerPoint)
-
LCD
G.
Langkah-Langkah
Pengembangan Media
1. Menyusun materi pembelajaran
dari buku ajar dan sumber lain yang relevan.
2. Memasukkan materi ke
dalam media Microsoft Power Point sebagai media presentasi dalam bentuk yang
menarik dan mudah dipahami.
H.
Langkah-Langkah
Penggunaan
1. Menyambungkan Laptop
dengan LCD.
2. Memasukkan file
presentasi yang telah dibuat ke dalam Laptop.
3. Membuka file presentasi
dengan program Microsoft Office Power Point.
4. Menampilkan file
presentasi di depan para siswa.
No comments:
Post a Comment